Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)
Vol 1, No 1 (2020): Edisi Oktober

UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI DASAR LAUT MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS IX-1 SMP NEGERI 1 MERANTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rosida Sinaga (SMP Negeri 1 Meranti,Kabupaten Asahan, Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2020

Abstract

Penelitian Ttindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan Model Cooperative Learning Tipe STAD bagi siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Meranti. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian tindakan partisipan dimana peneliti bekerja sama dengan guru kelas IX-1 SMP Negeri 1 Meranti. Yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di IX-1 SMP Negeri 1 Meranti. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan Model Cooperative Learning Tipe STAD bagi kelas IX-1 SMP Negeri 1 Meranti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS bagi siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Meranti. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai dari siklus 1 hingga siklus II. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa pada siklus 1 ketuntasan prestasi belajar siswa baru mencapai 85%, nilai rata-rata 78.67. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 97%, nilai rata-rata 83.38. Meningkatnya nilai siswa ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa pada materi dasar laut ada peningkatan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jetcivil

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah yang berkaitan dengan bidang kajian kewarganegaraan, kajian konseptual bidang pendidikan, teknologi pendidikan, pengembangan bahan ajar, media, evaluasi, dan metode penelitian di bidang pendidikan, pendidikan politik, pendidikan hukum, ...