Pandemi Covid-19 telah membawa banyak perubahan di berbagai sektor, seperti pada sektor pendidikan di perguruan tinggi yang menekankan supaya pembelajaran dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring dan langsung di kelas memiliki perbedaan, termasuk pada dorongan semangat belajar (motivasi). Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring mata kuliah Pendidikan Agama Islam pada situasi pandemi Covid-19 di Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FE-UST) Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan sebagai bahan evaluasi terkait kualitas pelaksanaan pembelajaran daring dan persiapan pembelajaran daring di era new normal. Adapun permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring mata kuliah Pendidikan Agama Islam pada situasi pandemi Covid-19 di FE-UST Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 251 mahasiswa. Pengambilan data menggunakan metode survei dengan skala likert. Analisis data dengan menghitung prosentase data pada setiap indikator, kemudian diinterpretasikan skor prosentase datanya dan dianalisis secara deskriptif pada setiap indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring mata kuliah Pendidikan Agama Islam di FE-UST Yogyakarta pada situasi pandemi Covid-19 mencapai 81%, atau masuk dalam kategori sangat baik. Hasil kajian ini juga diharapkan dapat digunakan sebagai bahan atau dasar untuk melakukan penelitian-penelitian yang lebih mendalam terkait dengan motivasi belajar dan pembelajaran daring.
Copyrights © 2020