AL QALAM JURNAL KEPENDIDIKAN
Vol 19 No 2 (2018): AL QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN

ANTI KEKERASAN DI SEKOLAH MELALUI INTERNALISASI PRINSIP ASWAJA ANNAHDLIYAH

Robihan, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2019

Abstract

Pendidikan merupakan upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi baik potensifisik, potensi cipta, rasa, maupun karsanya, agar potensi itu menjadi nyata dan dapatberfungsi dalam perjalanan hidupnya. Namun ironisnya, pendidikan yang seharusnyamenjadi tempat menanamkan akhlak dan budi pekerti yang baik, justru menjadi tempatmenjamurnya tindak kekerasan. Seperti misalnya kekerasan fisik yang dilakukan olehguru terhadap siswa yang melakukan kesalahan kecil, kekerasan psikis yang terjadiantara siswa dengan siswa dengan cara mempermalukan atau mem-bully dihadapanteman-temannya, kekerasan seksual berupa pelecehan antara siswa laki-laki dengansiswa perempuan, maupun kekerasan ekonomi yang dilakukan oleh orangtua terhadapanaknya. Masih banyaknya tindak kekerasan yang terjadi di dunia pendidikan, olehkarenanya pendidikan anti kekerasan di sekolah melalui internalisasi prinsip AswajaAnnahdliyah; Tawasuth, I’tidal, Tasamuh, dan Tawazun, bisa menjadi salah satualternatif yang dapat digunakan untuk meminimalisir adanya tindak kekerasan di dunia pendidikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Religion Education Physics

Description

Jurnal Al Qalam merupakan salah satu jurnal di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al Quran Jawa Tengah di Wonosobo. Jurnal ini terbit perdana pada tanggal 22 April 2006. Jurnal yang dikelola oleh Pusat Studi Kependidikan (PSKp) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains ...