Belajar merupakan kewajiban setiap siswa. Terdapat beberapa tugas akademik dannonakademik yang harus dilakukan siswa saat belajar di sekolah. Tugas akademikmerupakan tugas-tugas yang berkaitan dengan kegiatan akademik siswa dan bersifatformal. Tugas nonakademik merupakan tugas di luar kegiatan akademik yang mendukungkegiatan akademik dan dapat mengembangkan potensi, minat bakat, dan hobi siswa,seperti tugas-tugas ekstrakurikuler. Siswa dalam menghadapi dan menyelesaikantugas-tugas tersebut memiliki sikap yang beragam. Ada yang langsung mengerjakantugas sesuai dengan waktu yang telah ditentuka. Namun dan ada pula yang memilihmenunda mengerjakan tugas dengan alasan masih ada hari esok atau waktu untukmenyelesaikannya. Menunda-nunda penyelesaian tugas yang berhubungan dengantugas formal dalam lingkup akademik disebut prokrastinasi akademik. Seseorang yangmelakukan prokrastinasi disebut prokrastinator. Prokrastinasi akademik, memiliki dampakpsikis bagi siswa berupa gangguan emosi negatif bagi siswa, seperti cemas dan stress.Emosi negatif tersebut jika dibiarkan akan menjadi hal berbahaya, mengganggu, dandapat menghambat tugas-tugas belajar siswa di sekolah. Tulisan ini secara konseptualakan mengulas tentang dampak-dampak psikis prokrastinasi akademik berikut solusipemecahannya dalam perspektif psikologi pendidikan Islam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018