Anak harus selalu dibiasakan melakukan hal-hal yang sesuai dengan norma dalam masyarakat sekitarnya. Hal terpenting yang perlu dilakukan oleh pendidik adalah menunjukkan keteladanan yang konsisten antara sesuatu yang diajarkan dengan sesuatu yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter kasih sayang pada anak menurut Q.S adh dhuha ayat 9-11 dan bagaimana implementasi pendidikan karakter kasih sayang lada anak menuru Q.S adh dhuha ayat 9-11 dalam pembelajaran anak di Madrasah Ibtidaiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dokumenter (dokumentasi), pengumpulan data dilakukan dengan menghimpun data-data dari berbagai sumber yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan karakter yang terkandung dalam Q.S adh dhuha ayat 9-11 adalah tidak diperbolehkan menghardik anak yatim dan tidak boleh berlaku sewenang-wenang terhadap peminta-minta. Orang tua sejak dini harus menanamkan sifat kasih sayang terhadap sesama manusia begitupun juga mengasihani terhadap anak yatim, dan jangan pernah sekalipun menghardik anak yatim tersebut. Dalam membentuk karakter seseorang semua pihak harus turut andil, karena lingkungan sekolah saja tidak cukup.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021