Di era Globalisasi saat ini terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan pada lembaga formal maupun non formal dalam kaitanya pelajaran membaca Al-Qur’an. Berdasarkan permasalahan tersebut mulai dikembangkan metode-metode pembelajaran Al-Qur’an yang praktis khususnya dalam pelajaran membaca dan memahami, dan dengan metode tersebut mampu menjawab semua permasalahan yang sedang berkembang saat ini, yaitu metode Qiro’ati, metode tilawah, metode tartil, metode yanbu’a dan masih banyak metode praktis lainnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui konsep metode sorogan dalam pembelajaran Al-Qur’an, (2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran melalui metode sorogan dalam memahami bukuajar yanbu’a, (3) untuk mengetahui efektifitas metode sorogan dalam memahami bukuajar yanbu’a. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitataif lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi, dilanjutkan analisis data reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa konsep metode sorogan dalam pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an bisa dikatan efektif, dalam hal ini seorang santri akan bisa meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021