AL QALAM JURNAL KEPENDIDIKAN
Vol 21 No 2 (2020): AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN

PENERAPAN MEDIA WHATSAPP GROUP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA

Nurafiyan, Aulia Pasha (Unknown)
Fatkhurahman, Fatkhurahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media Whatsapp Group untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Arab dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berbicara Bahasa Arab kelas VIII siswa SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan design pre-experimental. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Analisis uji hipotesis menggunakan uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan mahāroh kalām siswa kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo Wonosobo antara sebelum menggunakan media Whatsapp Group dan sesudah menggunakan media Whatsapp Group. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu dengan t hitung sebesar 8,176. Selanjutnya t hitung dibandingkan dengan t tabel dengan taraf kesalahan t tabel 5% = 2,14479 dan 1% = 2,97684.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Religion Education Physics

Description

Jurnal Al Qalam merupakan salah satu jurnal di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al Quran Jawa Tengah di Wonosobo. Jurnal ini terbit perdana pada tanggal 22 April 2006. Jurnal yang dikelola oleh Pusat Studi Kependidikan (PSKp) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains ...