Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta penerima bantuan iuran (PBI) terhadap pelayanan kesehatan di puskemas Tubbi Taramanu. Kemudian peneitian bertujuan Untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien rawat jalan peserta penerima bantuan iuran (PBI) terhadap pelayanan kesehatan berdasarkan aspek bukti fisik (tangible). Dan untuk mengetahui hubungan anatara kepuasan pasien rawat jalan peserta penerima bantuan iuran (PBI) terhadap pelayanan kesehatan berdasarkan aspek perhatian (emphaty).Penelitian yang penulis lakukan disini adalah penelitian deskriptif non alitik pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan tehnik purposive sampling yaitu 76 responden. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara.Hasil Penelitian adalah populasi sebanyak 311, dan jumlah sampel sebanyak 76 responden menggambarkan berdasarkan aspek tangible puas sebanyak 60 (78.9%) tidak puasa sebanyak 16 sama dengan (21.1%), Reliability puas sebanyak 65 (85.5%) tidak puas 11 (14.5%), Responsivenes puas 55 (72.4%) tidak puas 21 (27.6%), Assurance puas 50 (65.8) tidak puas 26 (34.2%), Emphaty puas 59 (77.6%) tidak puas 17 (22.4%)Kata kunci: Kepuasan Pasien, Rawat Jalan, BPJS Kesehatan, Puskesmas Tubbi Taramanu
Copyrights © 2023