Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No 1 (2023): Peqguruang, Volume 5, No.1, Mei 2023

KOMPARASI HASIL BELAJAR PKN ANTARA LURING DAN DARING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MESSAWA

Lavenia, Nia (Unknown)
Latief, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Pandemi covid 19 yang mengharuskan siswa melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau Daring sehingga didalamnya hasil belajar akan diukur, apakah akan semaksimal pada saat pembelajaran Luring atau tatap muka langsung sebelumnya yaitu sebelum adanya pandemi covid 19. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang dipakai adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Messawa, maka disimpulkan bahwa penggunaan metode belajar Luring mendapatkan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan hasil belajar yang menggunakan metode belajar daring yang terlihat dari rata-rata hasil tes siswa pada kedua metode pembelajaran ini. Sedangkan penggunaan metode belajar Daring di SMP Negeri 1 Messawa membuat siswa kurang memahami materi karena saat belajar siswa akan terganggu oleh godaan dari media yang mereka gunakan yaitu handphone disamping siswa sedang menerima materi banyak siswa yang akan tergoda membuka aplikasi lain dibandingkan dengan pembelajaran yang sedang berlangsung didalam sebuah aplikasi belajar pada handphone mereka, selain itu siswa tidak mendapatkan pendidikan diluar materi pelajaran dari metode ini.

Copyrights © 2023