Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2023): Mei 2023

Penerapan Discovery Learning Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK

Reza Putri Widari (Unknown)
Muhtarom (Unknown)
Lukman Harun (Unknown)
Nur Istianah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMK. Penelitian ini dilaksanakan melalui pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning berbantuan GeoGebra pada submateri volume benda putar. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII TEDK 1 SMK Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2022/23. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terjadi peningkatan kemampuan representasi matematis siswa pada setiap siklus. Persentase kemampuan representasi matematis pada pra siklus adalah 65,66%, 76,85% pada siklus I dan 84,57% pada siklus II. Secara keseluruhan, terjadi peningkatan kemampuan representasi matematis sebesar 18,90%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan GeoGebra pada submateri volume benda putar mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMK.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...