Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2023): Mei 2023

Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK dengan Model Problem Based Learning

Pratiwi, Nuraisyah Meitasiwi Pratiwi (Unknown)
Intan Indiati (Unknown)
Lilik Ariyanto (Unknown)
Nika Dewi Indriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Kemampuan representasi matematis mampu menjadi landasan dalam memahami ide matematika dan siswa mudah dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Kemampuan yang masih rendah perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMK dengan Model Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan bentuk pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas X SMK Negeri di Semarang tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel kelas X jurusan Tata Kecantikan, Kulit dan Rambut sebagai kelas kontrol dan kelas jurusan Kuliner sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing sebanyak 34 siswa. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa (a) rata-rata kemampuan representasi matematis siswa dengan model Problem Based Learning lebih dari kriteria minimum, (b) proporsi ketuntasan siswa dengan model Problem Based Learning lebih dari 75%, (c) rata–rata kemampuan representasi matematis siswa pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih tinggi dari kelas kontrol dengan model konvensional, (d) proporsi kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen lebih dari proporsi pada kelas kontrol, (e) kemampuan representasi matematis siswa dengan model Problem Based Learning berada pada gain score sedang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...