Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didikkelas X. Metode yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah34 peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Semarang. Data dianalisis secara deskriptif dengan teknikpengumpulan data melalui metode tes dan non tes. Metode tes berupa soal cerita kemampuan pemecahanmasalah matematika pada materi fungsi komposisi sedangkan metode non tes berupa lembar kuisionergabungan dan wawancara terbuka. Berdasarkan data yang diperoleh dari analisis kemampuan pemecahanmasalah matematika peserta didik dapat disimpulkan bahwa keemampuan pemecahan masalah peserta didikkelas X masih rendah. Meskipun kebanyakan peserta didik sudah dapat memahami masalah yang diberikantetapi tidak sedikit peserta didik yang mengalami kesulitan dalam merencanakan penyelesaian, menyelesaikanmasalah, dan memeriksa kembali dari semua langkah yang telah dikerjakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019