Pesatnya perkembangan teknologi di dunia pendidikan hendaknya disambut baik oleh guru dan dijadikanpendorong untuk mengadopsi teknologi bagi kepentingan pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologiguru akan mampu memfasilitasi pembelajaran bermakna bagi siswa. Teknologi dapat dioptimalkan untukmembantu guru pada tahap persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Dalam tahap penilaian gurudapat memanfaatkan berbagai macam aplikasi pembelajaran, salah satunya adalah Socrative. AplikasiSocrative merupakan Web-based Student Responsive System (WSRS) yang dapat digunakan sebagai mediapembelajaran di kelas dan memfasilitasi guru semua mata pelajaran mendesain instrumen penilaian interaktif.Artikel ini focus mengeksplorasi pengalaman para guru setelah mengikuti pelatihan Socrative untukmendesain dan menjalankan instrumen penilaian. Oleh karena itu pendekatan deskriptif kualitatif dengan studikasus dipilih sebagai desain penelitian. Studi ini melibatkan 30 guru mata pelajaran pada sebuah SMPN dikota Semarang. Sesudah pelatihan Socrative, para guru memperoleh pengalaman yang menarik dan meresponpositif penggunaan aplikasi Socrative. Selain itu, mereka berpendapat bahwa kompetensi pedagogi terkaitpenggunaan teknologi juga meningkat. Hal ini dibuktikan para guru mampu mendesain instrumen penilaianberbasis aplikasi Socrative dan menjalankannya di kelas.
Copyrights © 2019