Indonesian Journal of Islamic Elementary Education
Vol. 2 No. 1 (2022): May 2022

Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 03 Batursari Pemalang

Muhammad Khoiruzzadi (UIN Sunan Kalijaga)
Budi Purnomo (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 beserta kendala yang dihadapi oleh para guru di SDN 03 Batursari Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, peserta didik, dan wali murid SDN 03 Batursari Pemalang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan pembelajaran kombinasi antara daring dan luring. Pembelajaran daring dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp grup sebagai komunikasi terarah dan untuk memberikan tugas kepada peserta didik. Selain itu, guru juga memanfaatkan platform youtube untuk menjelaskan materi dan google form digunakan sebagai mengerjakan tugas berupa kuis ataupun soal uraian. Pembelajaran luring yang biasa disebut dengan kelompok belajar, yang pembelajarannya dilakukan secara tatap muka terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan estimasi waktu yang maksimal satu jam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijiee

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Islamic Elementary Education is an open access, peer-reviewed, journal published twice a year by the Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Study Program, Faculty of Education and Teacher Training, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, ...