Indonesian Journal of Islamic Elementary Education
Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021

Implementasi Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA

Ana Sholichah (MI Pager)
Putri Rahadian Dyah Kusumawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Penggunaan model yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang aktif, tidak hanya terfokus pada aktivitas guru, tetapi juga pada aktivitas siswa. Guru diharapkan mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dan mampu menerapkan model yang sesuai dengan materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggambarkan aktivitas guru dalam implementasi model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, aktivitas siswa selama implementasi model problem based learning, serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan implementasi model problem based learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan hasil bahwa implementasi model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijiee

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Islamic Elementary Education is an open access, peer-reviewed, journal published twice a year by the Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Study Program, Faculty of Education and Teacher Training, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, ...