Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil wawancara dan tes kemampuan berpikir kritissiswa di SDN Petompon 1 dan kecocokan pendekatan STREAM untuk meningkatkan KemampuanBerpikir Kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode yang digunakan adalahdeskriptif dengan pendekatan studi literatur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalahwawancara dan tes soal kemampuan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniadalah pedoman wawancara dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian meliputi hasiltes kemampuan berpikir kritis siswa terdapat 59% atau 17 siswa yang belum mencapai nilai batastuntas aktual (BTA) yakni 73. Sehingga, perlunya pengoptimalan peran guru dan penggunaansebuah pendekatan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hal tersebut,maka implementasi pendekatan STREAM diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikirkritis siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, sehingga dapat memiliki daya saing dan berjiwa Pancasila dalam era disrupsi.
Copyrights © 2019