Indonesian Journal of Islamic Elementary Education
Vol. 2 No. 2 (2022): November 2022

Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Inklusif

Eko Pradipta Kurnaedi (IAIN Pekalongan)
Moh. Muslih (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2023

Abstract

Lingkungan sekolah inklusi bisa menjadi tempat yang efektif untuk mengembangkan karakter siswa. Nilai-nilai karakter seperti peduli, kerja sama, menghargai perbedaan, dan toleransi penting diinternalisasikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan mengetahui terkait pelaksanaan pendidikan karakter di SD N Bendan 01 Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model analisis Miles dan Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam setting pendidikan inklusif di SD Negeri Bendan 01 Kota Pekalongan dilaksanakan melalui model pendidikan inklusif kelas reguler atau inklusi penuh, penataan lingkungan sekolah berbasis karakter, integrasi karakter dalam pembelajaran yang aktif dan kontekstual, keteladanan guru, penguatan, dan pembiasaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijiee

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Islamic Elementary Education is an open access, peer-reviewed, journal published twice a year by the Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Study Program, Faculty of Education and Teacher Training, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, ...