Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 2 No. 1 (2019)

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Android

Feti R Kristanti (Unknown)
Isnarto Isnarto (Unknown)
Mulyono Mulyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dalampembelajaran Flipped Classroom berbantuan Android. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif denganpendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Kendal.Pengumpulan data melalui tes tertulis dan wawancara.. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil studipendahuluan pada 36 peserta didik, terdapat 8,3 % pesera didik dapat menyelesaika 6 indikator ,11,1 % pesertadidik dapat menyelesaikan 5 indikator , 16,6 % peserta didik dapat menyelesaikan 4 indikator , 55,5% pesertadidik dapat menyelesaikan 1 sampai 3 indikator , dan 8,3% peserta didik tidak dapat menyelesaikan 6 indikatorkemampuan pemahaman konsep matematis melalui pembelajaran Flipped Classroom .Dari hasil wawancaraditemukan bahwa peserta didik yang kemampuan pemahaman matematisnya kurang baik menyatakan sulitmemahami materi, menganggap pembelajaran Flipped Classroom hanya menghabiskan biaya dan menyitakesenangannya. Mereka juga mengatakan tidak suka matematika, enggan belajar mandiri karena kebiasaanketergantungan terhadap guru dan temannya. Mereka yang tertinggal ini cenderung bersikap pasif dan tidakmengejar ketinggalannya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...