Asghar: Journal of Children Studies
Vol. 2 No. 1 (2022): Juni 2022

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Faliqul Isbah (Unknown)
Ahmad Taufiq (Unknown)
Ahmad Jamaludin (Unknown)
Misbahul Munir (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini pada umumnya sangat strategis dan penting bagi perkembangan bahasa Arab di Indonesia baik untuk menunjang ranah Pendidikan sesuai tingkatannya maupun fungsi komunikasi Bahasa Arab sebagai Bahasa pengantar ibadah umat Islam. Dengan bahasa, anak mulai bertanya, berdiskusi, mengungkapkan pikirannya dan berkomunikasi dengan orang lain. Strategi pembelajaran memudahkan guru untuk memahami guru atau makna yang dijelaskan oleh guru lebih cepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan untuk anak usia dini, yang mana secara kemampuan bahasa arab anak masih terbilang butuh bantuan karena potensi yang dimiliki oleh anak usia dini tidak bisa tumbuh secara optimal. Penelitian ini berbasis library research, dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Yakni dengan menganalisis dokumen dari buku, jurnal dn artikel terkait pembahasan. adapun hasil dari penelitian ini adalah beberapa opsi pilihan strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Arab pada anak usia dini. Pertama strategi pembelajaran langsung: memori, kognitif dan kompensasi. Kedua strategi tidak langsung: metakognitif, emosional dan sosial. Setidaknya ada empat metode yang tersedia untuk pembelajaran belajar bahasa Arab pada anak usia dini: mendongeng, proyek, menyanyi, dan tugas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

asghar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Program, Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, ...