Pengawas madrasah mempunyai tugas pengawasan akademik kepada guru dan pengawasanmanajerial kepada madrasah. Di Jawa Tengah, terjadi ketimpangan jumlah SDM pengawas denganjumlah madrasah. Selain tantangan jumlah daerah binaan yang banyak dan tantangan era revolusiindustri 4.0, saat ini pengawas memiliki tantangan baru di situasi pandemi COVID-19 yangmegharuskan bekerja dari rumah. Pengawas sekolah dan madrasah harus menjalankan tugas, pokokdan fungsinya untuk melakukan pembinaan guru, kepala madrasah dan kelembagaannya. PandemiCovid-19 bukan hanya menjadi musibah bagi tenaga kependidikan khususnya pengawas namun jugamenjadi tantangan yang menarik. Cara yang efektif untuk saat ini yang dapat dilakukan pengawasmadrasah dalam melakukan tugas, pokok dan fungsinya dengan metoda daring atau pengawasandigital. Oleh karena itu pengawas melaksanakan tupoksinya dengan physical distancing. Supervisifaktual dan manual tidak bisa dilaksanakan di saat kondisi pandemi covid-19 seperti saat ini. Satusatunya cara untuk melakukan supervisi adalah menggunakan model supervisi berbantuan elektronik.Bagi pengawas madrasah di Jawa Tengah model supervisi berbantuan elektronik bisa dilakukandengan skype, zoom meeting, cisco webex, google meet, video conference dengan whatsapp.Pengumpulan dokumen bisa menggunakan fasilitas google form dan google doc. Selain itu bisamenggunakan model supervisi menggunakan LMS edmodo.
Copyrights © 2020