Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi matematika dilihat darigaya kognitif siswa pada model Problem Based learning berbantuan Learning Management System(LMS). Kemampuan literasi matematika dari siswa Indonesia tergolong rendah. Adapun faktor yangmempengaruhi kemampuan literasi matematis siswa adalah (a) faktor personal (cara siswa menerimadan mengolah informasi yang didapatkan, yang disebut sebagai gaya kognitif.) (b) faktorinstruksional, dan (c) faktor lingkungan meliputi kualitas atau karakteristik guru itu sendiri yangdilihat dari pemahamannya mengenai gaya kognitif setiap siswa, model pembelajaran danpendekatan yang digunakan saat proses pembelajaran berlangsung serta media yang digunakan. Jadijelas bahwa guru harus mengetahui dan memahami gaya kognitif setiap siswa, kemudian gurumampu menerapkan suatu model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk mengembangkankemampuan literasi matematis dimana salah satu model pembelajaran dapat digunakan adalahProblem Based Learning. Problem Based Learning yaitu model pembelajaran berdasarkan padamasalah. Penggunaan media pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifanproses pembelajaran dan penyampaian pesan isi pelajaran serta untuk meningkatkan kualitas hasilbelajar. Media yang digunakan yaitu sistem manajemen pembelajaran, berupa layanan jejaring sosialdan lingkungan belajar virtual untuk sekolah dan lembaga pendidikan tinggi yang memungkinkanpengelolaan kelas online dengan berbagai konten akademik, yaitu berupa Schoology, dan edmodo
Copyrights © 2020