Jurnal Konsepsi
Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Konsepsi (Mei)

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar

Risky Nuramelyah (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Andi Sukri Syamsuri (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Syekh Adiwijaya Latief (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh secara signifikan penggunaan media audio visual film animasi terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan penggunaan media audio visual film animasi terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode uasy eksperimen dengan desain Nonequivalent control design yang dilaksanakan 7 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, observasi, pelaksanaan tindakan, dan test. Subjek penelitian ini adalah murid kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa sebanyak 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebuh besar daripada nilai rata-rata posttest kelompok kontrol (84>76,66). Kemudian nilai thitung lebih besar dari ttabel ((2,705>2,048), dengan nilai signifikan sebesar 0,017 lebih kecil daripada signifikasi 0,05 (0,017<0,05) dengan hasil hipotesis H0 = ditolak Ha = diterima. Bersdasarkan hasil penelitia tersebut diatas, dapat disumpulkan bahwa media audio visual film animasi berpengaruh terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

konsepsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan ...