Jurnal Konsepsi
Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Konsepsi (Mei)

Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penerapan Metode Suku Kata (Syllabic Method)

Sulfiana Sulfiana (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Sulfasyah Sulfasyah (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Anin Asnidar (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Masalah utama penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan metode suku kata (syllabic method) pada siswa kelas I (A) UPT SPF SD Negeri Kalukuang II Kecamatan Tallo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan metode suku kata (syllabic method) pada siswa kelas I (A) UPT SPF SD Negeri Kalukuang II Kecamatan Tallo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas 1 A UPT SPF SD Negeri Kalukuang II kecamatan Tallo sebanyak 32 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I belum tuntas secara individual dari 32 siswa hanya 21 siswa tuntas dengan nilai dengan nilai rata-rata 60,22 belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori rendah namun siklus I ini belum memenuhi kriteria ketuntasan sedangkan secara ketuntasan klasikal yang harus dicapai 80%. Pada siklus II dari 32 siswa ada 30 siswa tuntas telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu rata-rata nilai yang diperoleh 94,97 berada pada kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan melalui penerapan metode suku kata (syllabic method) siswa kelas I (A) UPT SPF SD Negeri Kalukuang II kecamatan Tallo mengalami peningkatan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

konsepsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan ...