Jurnal Pendidikan Jasmani Khatulistiwa
Vol 3, No 2: November 2022 Jurnal Pendidikan Jasmani Khatulistiwa

Meningkatkan Physical Literacy Melalui Permainan Tradisional Pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Nikolaus Adi Saputra (Universitas Tanjungpura)
Mimi Haetami (Universitas Tanjungpura)
Fitriana Puspa Hidasari (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan keberhasilan peserta didik dalam melakukan aktivitas fisik atau disebut physical literacy dengan pembelajaran permainan tradisional pada peserta didik SDN 38 Sungai Ambawang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan rancangan penelitian ini menggunakan one group pre test-post test design. Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 38 Sungai Ambawang, dengan jumlah 10 peserta didik. Pengambilan data menggunakan Angket Kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh permainan tradisional terhadap literasi fisik yang ditunjukkan dengan hasil uji-t yaitu sig untuk literasi fisik 0,001 < 0,05, kemudian diperoleh hasil kelompok posttest Rata-rata kelompok pretest literasi fisik yaitu 58,8 sedangkan rata-rata kelompok posttest literasi jasmani yaitu 62,6 dengan jarak sebesar 9,

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPJK

Publisher

Subject

Education Health Professions Public Health Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI KHATULISTIWA (P-ISSN: 2774-9053; E-ISSN: 2774-9045) published by Program Studi Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Tanjungpura. This journal is a biannual journal issued in Mei and November. It publishes articles of a high standard on various aspects of the physical ...