UMKM adalah usaha produktif milik orang perorang dan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro. Adanya pandemi Covid-19 membuat sektor perekonomian menurun, hal tersebut juga dirasakan oleh sektor pariwisata dan perdagangan industri usaha mikro kecil menengah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan sosialisasi dan pendampingan pada pelaku UMKM agar usaha yang dijalankan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Pemberdayaan dan pengembangan UMKM ini dilakukan dengan pendataan, melakukan survey, dan melakukan kerjasama dengan DKUPP Purwakarta. Sosialisasi ini membahas mengenai manajemen uang, persyaratan dan izin penjualan, labelling halal, pembuatan NIB, serta inovasi produk dan teknik pemasaran. Program sosialisasi pemberdayaan UMKM ini cukup dapat membantu pelaku UMKM di Desa Dangdeur untuk meningkatkan branding produk dan memperluas target pemasaran. Kata kunci: UMKM, Covid-19, Kewirausahaan, Manajemen, Pemasaran
Copyrights © 2022