Journal of Islamic economy and Community Engagement
Vol. 3 No. 2 (2022)

Pemberdayaan Umkm Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Di Desa Dangdeur

Saibil, Defi Insani (Unknown)
Maulana Izzul Haq (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2023

Abstract

UMKM adalah usaha produktif milik orang perorang dan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro. Adanya pandemi Covid-19 membuat sektor perekonomian menurun, hal tersebut juga dirasakan oleh sektor pariwisata dan perdagangan industri usaha mikro kecil menengah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan sosialisasi dan pendampingan pada pelaku UMKM agar usaha yang dijalankan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Pemberdayaan dan pengembangan UMKM ini dilakukan dengan pendataan, melakukan survey, dan melakukan kerjasama dengan DKUPP Purwakarta. Sosialisasi ini membahas mengenai manajemen uang, persyaratan dan izin penjualan, labelling halal, pembuatan NIB, serta inovasi produk dan teknik pemasaran. Program sosialisasi pemberdayaan UMKM ini cukup dapat membantu pelaku UMKM di Desa Dangdeur untuk meningkatkan branding produk dan memperluas target pemasaran. Kata kunci: UMKM, Covid-19, Kewirausahaan, Manajemen, Pemasaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIECEM

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal of Islamic Economy and Community Engagement is a multidisciplinary scientific journal published by the Faculty of Economics and Islamic Business. This journal is a national level that covers many problems or general problems related to community services. This journal publication aims to ...