Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Vol 3, No 1 (2023): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature

Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Cerpen Arab dalam Buku Modern Arabic Short Stories: A Bilingual Reader

Syahril Syahril (Universitas Negeri Makassar)
Jufri Jufri (Universitas Negeri Makassar)
Ambo Dalle (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerpen arab serta relevansi nilai-nilai pendidikan karakter tersebut di lingkup sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan model analisis isi dengan data primer berupa cerpen Hikaayatul Qindiili dan data sekunder berupa jurnal, buku, serta artikel terkait lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat delapan belas nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerpen Hikaayatul Qindiili, diantaranya: nilai religius, toleransi, cinta admai, demokratis, menghargai prestasi, semangat kebangsaan, cinta tanah air, kerja keras, kreatif, mandiri, gemar membaca, rasa ingin tahu, berhasahabat, peduli lingkungan, bertanggung jawab, peduli sosial, jujur dan disiplin. Setiap nilai-nilai pendidikan karakter tersebut memiliki relevansi di lingkup sekolah dengan mengacu pada kompetensi inti I yaitu aspek ketuhanan, kompetensi inti II yaitu aspek sosial, kompetensi inti III  yaitu aspek pengetahuan, dan kompetensi IV yaitu aspek keterampilan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Al-Fashahah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Fashahah is published by the Arabic Language Education Study Program, Department of Foreign Languages, Faculty of Languages and Letters, Makassar State University. It is a research journal that publishes various research reports, literature studies and scientific writings with the object of ...