Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Vol 3, No 1 (2023): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature

Problematika Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung

Wafiqah Lutfiani (Universitas Negeri Makassar)
Misnawaty Usman (Universitas Negeri Makassar)
Syarifah Fatimah Al Ilmullah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan problematika pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung yang berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total yakni 60 siswa yang terdiri dari 2 kelas (IPA dan IPS). Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket yang diisi langsung oleh siswa dan wawancara guru mata pelajaran bahasa Arab. Data angket dianalisis menggunakan rumus P = F/N x 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung mengalami banyak masalah yang menyebabkan siswa tidak lancar dalam berbicara bahasa Arab.  Masalah tersebut meliputi siswa merasa: 1) Bahasa Arab sulit, 2) Gugup berbicara bahasa Arab, 3) Kosakata kurang, 4) Kosakata tidak pernah bertambah, 5) Tidak tertarik menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari, 6) Tidak pernah memperhatikan tata bahasa Arab, 7) Tidak berlatih berbicara Arab, 8) Kurangnya media, 9) Sekolah tidak mengadakan kegiatan berbicara bahasa Arab, 10) Kurangnya persediaan buku bahasa Arab, 11) kurangnya evaluasi oleh guru, 12) Kurangnya Imbauan berbahasa Arab. Masalah yang dihadapi disebabkan oleh dua faktor, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi: 1) Kurangnya minat dan motivasi siswa, 2) Latar belakang pendidikan siswa, 3) Mental dan kesiapan siswa 4) Kosakata. Faktor eksternal meliputi: 1) guru, 2) sarana dan prasarana, 3) sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Al-Fashahah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Fashahah is published by the Arabic Language Education Study Program, Department of Foreign Languages, Faculty of Languages and Letters, Makassar State University. It is a research journal that publishes various research reports, literature studies and scientific writings with the object of ...