Journal Islamic Pedagogia
Vol. 3 No. 1 (2023): Journal Islamic Pedagogia

Perspektif Sistem Pendidikan Menurut Penyelenggara dan Pendukungnya : Negara, Pemerintah Pusat dan Daerah, Organisasi Profesional, Orang Tua Siswa, Masyarakat dan Organisasi Swasta

Purnama, Rahmat (Unknown)
Syaefulloh, Syaefulloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2023

Abstract

Tujuan sistem pendidikanagaar berhasil  maka diperlukan dukungan dari  sub system-subsistem. Sub sistem tersebut diantaranya negara, pemerintah pusat dan daerah,  organisasi  profesional,  orang tua siswa dan masyarakat serta organisasi swasta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bekerja pada tataran analitik dan bersifat perspectif emic, yaitu mendapatkan data bukan dari persepsi peneliti, tetapi berdasarkan fakta-fakta konseptual maupun fakta teoritis.  Sumber data yang diperoleh dalam penelitian dari kepustakaan. Untuk mengkaji tema yang relevan penulis menggunakan teknik telaah dokumentasi atau dikenal juga dengan studi dokumentasi sebagai alat untuk mengumpulkan data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analysis). Setelah melihat uraian penelitian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa, sistem pendidikan  merupakan  hal  yang kompleks dan  melibatkan banyak sub  sistem. Dinataranya kami bahas dalam penelitian ini adalah Negara, Pemerintah Pusat dan Daerah, Organisasi  Profesional,  orang  tua siswa dan masyarakat serta organisasi swasta. Setiap sub sistem ini mempunyai hak dan kewajiban, sehingga agar pendidikan di Negara Republik Indonesia ini dapat berhasil maka semua diperlukan pemahaman dan pelaksanaan hak dan kewajibannya secara baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Journal Islamic Pedagogia is published by the Faculty of Islamic Studies of Wiralodra University Indonesia Focus of Journal Islamic Pedagogia discusses on Islamic education, results of scientific studies for academics and practitioners in the field of lecture theory explanation and practice, ...