Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam
Vol 4, No 2 (2023)

Sistem Pakar Diagnosa Gejala Kecanduan Game Online Menggunakan Metode Backward Chaining dan Certainty Factor Berbasis Web

Dewi, Nabila Vita (Unknown)
Anraeni, Siska (Unknown)
Manga, Abdul Rachman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk membantu masyrakat yang mengalami kecanduan dengan melakukan diagnosa terhadap kecanduan yang dialaminya lalu menerapkan solusi yang diberikan untuk mengatasi masalah kecanduan yang di alaminya. Dari hasil kajian dan hasil penelitian maka penulis berasumsi bahwa Pengaruh game online telah memberikan dampak positif dan negatif bagi para pemain game online. Dampak positifnya adalah memberikan kesenangan dan hiburan bagi pemain game online serta mengasah kinerja otak yang dapat menciptakan strategi bermain untuk meraih kemenangan dan skor tertinggi. Dampak negatifnya adalah banyaknya waktu yang terbuang hanya karena bermain game, kesehatan mata pemain terganggu, psikologis pemain juga terganggu, banyaknya pengeluaran biaya internet dan mempengaruhi moral pemain game seperti berbicara kasar terhadap tim atau lawan main. Perlu adanya sebuah sistem untuk masyarakat yang dapat mengukur tingkat kecanduan para pemain game online. Metode yang digunakan yaitu Backward Chaining dan Certainty Factor. Dengan adanya sistem ini maka diharapkan agar memberikan kesadaran dan edukasi terhadap tingkatan level kecanduan yang dialami. Dengan menggunakan kedua metode tersebut dalam mendiagnosa kecanduan game diharapkan sistem mampu memberikan hasil yang sesuai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BUSITI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI) is an Indonesian scientific journal published by the Department of Information Technology, Faculty of Computer Science, Universitas Muslim Indonesia. BUSITI covers all aspects of the latest outstanding research and developments in the field of ...