Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran team quiz terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa Kelas V SD Negeri 170 Mulyasri Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian eksperimen. Bentuk desain penelitian Pre-Experimental Design yang akan digunakan peneliti adalah One-Group Pretest-Postest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 170 Mulyasri yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik Pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan dengan perhitungan statistik “Uji-T”.Hasil belajar siswa dianalisis dengan uji t setelah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas data hasil belajar menulis karangan narasi siswa (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata pretest yaitu 58,33 sedangkan posttest yaitu 83,33. Hasil analisis terhadap hasil belajar yang dibuktikan dari nilai signifikansi pada output Paired Sample Test yaitu 0.001 < 0,005 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti penggunaan metode pembelajaran team quiz efektif terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri 170 Mulyasri.
Copyrights © 2023