Progressive of Cognitive and Ability
Vol. 1 No. 2 (2022)

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII c SMPN 2 Bandar Laksamana Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)

Fikri, Rijalul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII c SMPN 2 Bandar Laksamana melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan  dalam  dua siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas VIII c SMPN 2 Bandar Laksamana berjumlah 30 peserta didik. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  teknik  observasi  dan  tes. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa hasil penelitian selama dua siklus menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat  meningkatkan  hasil  belajar  IPS di kelas VIII C SMPN 2 Bandar Laksamana. Peningkatan hasil belajar yang terjadi antara siklus I dan  siklus  II,  menunjukan  kenaikan  rata-rata  ketuntasan belajar 14%  dan  pada ketuntasan  belajar  mengalami  daya serap 10%, sedangkan rata-rata kelas mengalami kenaikan sebanyak 7 poin dan Jumlah nilai mengalami kenaikan 210 poin. Berhasilnya pembelajaran yang telah dilaksanakan, dibukti dengan meningkatnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang lebih baik di akhir siklus. Hasil belajar dan aktivitas belajar setiap siklus yang lebih baik  ini membuktikan bahwa hasil belajar bisa mengalami peningkatan dengan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpr

Publisher

Subject

Education Other

Description

This journal is a publication that contains research results, development of innovative and relevant research and related conceptual studies and/or developments in the field of Education. This journal has a focus and scope that includes: 1. Educational learning and services. 2. Evaluation of ...