Keris: Journal of Community Engagement
Vol. 1 No. 1 (2021): Juni : KERIS : Journal of Community Engagement

PENDAMPINGAN PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR DI ASRAMA PUTRI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN

Pusvyta Sari (Unknown)
Ainur Rofiq (Unknown)
Sutopo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Pengelolaan sumber belajar penting dilakukan. Pengelolaan sumber belajar yang baik dapat membantu pembelajar untuk menggunakan sumber belajar dengan mudah dan mencapai tujuan belajarnya. Artikel ini menjelaskan proses pendampingan komunitas pengurus asrama dalam mengelola sumber belajar di Asrama Putri Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Di pesantren ini tersedia perpustakaan dan mengizinkan mahasiswa menggunakan gadget dalam waktu terbatas. Pengelolaan sumber belajar dapat membantu mereka menggunakan sumber belajar digital dan non- digital secara efektif. Pendampingan ini menggunakan pendekatan Asset- Based Community Development (ABCD). Kegiatan pendampingan meliputi: komunikasi awal, identifikasi mimpi, merancang langkah, menentukan tujuan dan implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi aset mendorong anggota komunitas menyadari kekuatan aset. Mereka punya mimpi. Mereka dapat membuat rencana dan merancang prosedur untuk mencapainya. Mereka menetapkan tujuan dan mulai memberdayakan komunitas. Mereka siap menjadi fasilitator dan motivator sebaya untuk mengoptimalkan pengelolaan sumber belajar di pesantren. Pendampingan ini bisa menjadi kegiatan pengembangan berkelanjutan dan melibatkan lebih banyak anggota komunitas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

keris

Publisher

Subject

Education Other

Description

KERIS: Journal of Community Engagement mempublikasikan naskah hasil pengabdian masyarakat dengan menggunakan 1. Metode Asset-Based Community Development/ABCD (sebagai pendekatan pengabdian kepada masyarakat dengan orientasi agar masyarakat memiliki daya untuk mengenali dan memanfaatkan segala ...