Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal)
Vol 9, No 1 (2023): JUNE 2023

Optimalisasi Canva dalam Pembuatan LKPD Berorientasi Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar

Taskya Vira Syahputri (Universitas Negeri Medan)
Lala Jeita Ananda (Universitas Negeri Medan)
Dody F. Pandimun Ambarita (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Penyebab rendahnya nilai siswa SDN 064958 Medan Area yaitu guru sering sekali menggunakan metode ceramah dan jarang menggunakan perangkat pembelajaran. Salah satu perangkat pembelajaran dan pendekatan yang dapat diajarkan yaitu LKPD yang berorientasi pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui hasil uji kelayakan pada LKPD Berorientasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Aplikasi Canva Tema 6 Subtema 1. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian R&D dengan menggunakan model ADDDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest  dan posttest. Subjek penelitian ini yaitu 18 siswa kelas IV SDN 064958 Medan Area. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan melakukan observasi awal, wawancara, pretest dan posttest, penilaian guru, dan respon siswa. Hasil penelitian ini adalah 95% hasil uji validasi ahli materi dengan kategori sangat layak, 96,67% hasil uji validasi ahli desain dengan kategori sangat layak, dan 93,33% hasil dari uji praktikalitas. Keefektifan LKPD berdasarkan dari meningkatnya hasil belajar yang dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest dibandingkan nilai rata-rata pretest. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan LKPD berorientasi pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi Canva dengan hanya menggunakan LKPD dengan mengambil soal-soal yang ada di buku tematik 6 subtema 1 di kelas IV SDN 064958 Medan Area.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PAEDAGOGI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) current issues and issues about study of educational science, development of learning models, digital technologies in education, innovative learning environments, adaptive learning, gamified leaning, and results of research in the field of ...