Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 2 No 2 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri Candimulyo 2 Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2021/2022

Surayem Surayem (SMP Negeri Candimulyo 2 Kabupaten Magelang)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini  adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel melalui model pembelajaran Kooperatif pada 32 siswa kelas VIIIC di SMP Negeri 2 Candimulyo Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2021/2022. Sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa Lembar Observasi  Guru dan Lembar Observasi Siswa, sedangkan data kuantitatif berupa nilai asesmen materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Setelah model Kooperatif diterapkan, peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari: (1) perolehan rerata hasil pembelajaran pada Siklus I mencapai 79,25 dan (2) perolehan rerata hasil pembelajaran pada Siklus II mencapai 85,81. Selisih nilai dari kedua siklus tersebut adalah 6,56. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel melalui model pembelajaran Kooperatif pada 32 siswa kelas VIIIC di SMP Negeri 2 Candimulyo Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...