Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2023): Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Implementasi Modul Fisika Virtual Berbantuan Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MA Kota Madiun

Purwandari Purwandari (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
23 May 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui implementasi modul fisika virtual berbantuan game dalam prosses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Modul fisika virtual berbantuan game diterapkan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta sehingga akan mempengaruhi peningkatan pada hasil belajar siswa. One grup pre-test post-test adalah metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini. One group pre-test post-test adalah kegiatan penelitian yang memberikan tes awal (pre-test) sebelum diberikan perlakuan, lalu setelah diberikan perlakuan barulah memberikan tes akhir (post-test). 25 siswa dari kelas XI IPA 3 MAN 2 Madiun akan terlibat dalam penelitian ini. Hasil respon siswa setelah diterapkannya modul fisika virtual berbantuan game menunjukkan 78,16 keterangan baik. Selain itu modul fisika virtual berbantuan game ini dinyatakan ole kelima validator dengan hasil CVR sebesar 1 dengan kategori sangat layak. Nilai N-Gain rata-rata untuk tingkat hasil belajar siswa sebesar 0,88 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil data penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa modul fisika virtual berbantuan game mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edukasia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran has two versions, namely print and online, all of which are registered with the ISSN established by the Indonesian Institute of Sciences (LIPI) e-ISSN 2721-1169 (online) and ISSN 2721-1150 (print). Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran is a medium ...