United Nations Educational,Scientific,and Cultural Organization (UNESCO) mendefinisikanbahwa bullying merupakan suatu perilaku agresif dimana terdapat sebuah perlakukantindakan negatif yang tidak diinginkan. Persepsi bullying sendiri adalah sebuah kesanmaupun tanggapan mengenai pengelola maupun mengartikan hal apa yangdidapatkan terkait perilaku bullying dan kemudian mengorganisasikan dan dinterprestasikanhingga individu mampu memahami apa yang dilihat. Untuk mengetahui gambaran persepsiguru terhadap bullying pada anak usia sekolah di SD Kelurahan Raja Kalimantan Tengah.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan datadilakukan dengan menggunakan kuisioner Preconcimei. Jumlah responden sebanyak 74 gurudengan teknik total sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistika denganmenggunakan uji univariat. Hasil yang didapatkan bahwa jumlah responden yang memilikiPersepsi kurang sebanyak 2 responden (2.7%) dan responden yang memiliki persepsi baiksebanyak 72 responden (97.3%) sebagian besar guru memiliki perspsi yang baik. Dari hasilyang didapatkan dapat disimpulkan bahwa persepsi guru berdasarkan kategori memilikipersepsi baik .Kata kunci : Persepsi guru, perilaku bullying, anak usia
Copyrights © 2022