Mahasiswa Pendidikan Kimia selama pembelajaran jarak jauh sering melakukan tindakan menunda-nunda tugas akademik, sehingga dibutuhkan self-efficacy dalam mengatasainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik selama pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan yaitu metode korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling dengan sampel mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan 2019, 2020, dan 2021 yang berjumlah 205 mahasiswa. Instrumen yang digunakan peneliti yaitu angket self-efficacy dan angket prokrastinasi akademik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan negatif antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Pendidikan Kimia selama pembelajaran jarak jauh. Nilai korelasi (r) yang diperoleh sebesar – 0,550 dengan nilai siginifikansi 0,000 sehingga dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel termasuk dalam kategori korelasi sedang.
Copyrights © 2023