P2M STKIP Siliwangi
Vol 10 No 1 (2023): Volume 10 Nomor 1: Mei 2023

PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI: STUDI KASUS TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PASCA BENCANA GEMPA BUMI CIANJUR

Wulansuci, Ghina (Unknown)
khalif alam, Syah (Unknown)
Annisa Wardiyanti, Aisyah (Unknown)
Cahyati, Ajeng (Unknown)
Nur Anisa, Arima (Unknown)
Dwi Rahmah, Aulia (Unknown)
Yasmi Fauziah, Dea (Unknown)
Vadhilah Oktavia, Diva (Unknown)
Anggraeni, Elina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Gempa Cianjur yang berkekuatan 5,6 Magnitudo memunculkan permasalahan terhadap kegiatan belajar mengajar dan tumbuh kembang anak usia dini di TK Insan kamil Kecamatan. Cugenang Kabupaten Cianjur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak bencana gempa dalam kegiatan belajar mengajar  terhadap tumbuh kembang anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Penelitian dilaksanakan di TK Insan Kamil Kecamatan. Cugenang Kabupaten. Cianjur, serta subjek penelitiannya yaitu seluruh peserta didik dan Guru di TK Insan Kamil. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara, serta analisis data yang digunakan yaitu Grounded Theory. Hasil penelitian menyatakan bahwa kegiatan belajar mengajar dan  perkembangan sosial emosional menjadi salah satu perkembangan anak yang sangat terdampak, seperti anak sering menunjukan perilaku ketakutan dan kecemasan, serta konsentrasi dan kemandian anak menjadi menurun. Dari permasalahan tersebut keterlibatan orang tua menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan sosial emosional anak usia dini di TK Insan Kamil Cianjur.

Copyrights © 2023