Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalam membangun pembentukan karakter seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter di SDN Anggadita I dan mendeskripsikan bagaimana pendidikan karakter dilaksanakan di sekolah tersebut. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) nilai karakter yang diterapkan adalah religius, tanggung jawab, jujur, dan toleransi. 2) Melalui pembiasaan, implementasi dan konsep pendidikan karakter di SDN Anggadita I. 3). Strategi pendidikan karakter guru antara lain selalu mengingatkan siswa akan hal-hal yang baik, memberi peringatan tegas, memberi contoh secara langsung atau menjadi panutan, terlibat dalam kegiatan rutin atau pembiasaan, dan meningkatkan kesadaran siswa. 4) Hambatan pelaksanaan pendidikan karakter di SDN Anggadita I adalah faktor guru, orang tua, lingkungan, dan siswa..Kata kunci: implementasi; pendidikan karakter; strategi pendidikan. IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN ELEMENTARY SCHOOLS ABSTRACTEducation is one of the most important factors in building the formation of one's character. The purpose of this study is to find out how character education is implemented at SDN Anggadita I and to describe how character education is implemented at that school. This research method uses a qualitative case study approach. Data collection techniques were carried out using interviews, observation and documentation. The findings of this study indicate that: 1) the character values applied are religious, responsible, honest and tolerant. 2) Through habituation, implementation and the concept of character education at SDN Anggadita I. 3). Teacher character education strategies include always reminding students of good things, giving strict warnings, giving direct examples or being role models, engaging in routine activities or habituation, and increasing student awareness. 4) Obstacles to the implementation of character education at SDN Anggadita I are the factors of teachers, parents, environment, and students.Keywords: implementation; character building; educational strategy.
Copyrights © 2023