Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam mengerjakan soal non rutin materi bangun datar. Metode penelitian yang dipilih ialah deskriptif kualitatif, bertujan untuk menganalisis tiap kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah koneksi matematis dan faktor-faktor penyebabnya. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa SMP di kota Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis jawaban siswa diketahui bahwa siswa mengalami kesalahan yang tergolong tinggi dalam menyelesaikan soal non rutin materi bangun datar. Kesalahan terbesar yang dialami siswa berada pada indikator menyadari hubungan antar topik dalam matematika. Hal ini dapat dilihat ketika siswa tidak mampu membuat pertanyaan-pertanyaan yang saling berkaitan dan mengundang solusi dari permasalahan yang diberikan berupa mencari fakta yang belum diketahui.Kata kunci: Kesalahan, Koneksi Matematis, Bangun Datar, Non Rutin ANALYSIS OF MATHEMATIC CONNECTION ERROR IN NON ROUTINE PROBLEMS OF FLAT SHAPE MATERIALS ABSTRACTThis study aims to describe students' difficulties on flat shape non-routine questions. The research method chosen is descriptive qualitative, aiming to analyze each error that made by students in solving mathematical connection problems and its factors. The subjects of this study were 5 junior high school students in Palembang. Data collection used tests and interviews. Based on the results and analysis of student answers, it is known that students experience errors that are classified as a high category in solving non-routine flat shape questions. The most mistake is on the indicator of realizing the relationship between topics in mathematics. For this indicator, students are unable to determine interrelated facts to find solutions to a given problem.Keywords: Errors, Mathematical Connections, Flat Shapes, Non-Routines.
Copyrights © 2023