Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 3 (2023)

Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Kinerja Guru dan Implikasinya pada Kualitas PAUD

Furtasan Ali Yusuf (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bina Bangsa)
Basrowi Basrowi (Manajemen, Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
24 May 2023

Abstract

Mutu pendidikan hanya dapat ditingkatkan melalui peningkatan kinerja guru. Termasuk kinerja guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan mampu meningkat manakala mampu mengetahui faktor-faktor yang mampu meningkatkannya, antara lain kepempimpinan visioner, dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Penelitian ini menggundakan metode kuantitatif dengan pendekatan structural equation modelling (SEM). Jumlah populasi yaitu 1.098 orang, dengan ukuran sampel 110 orang. Teknik sampling menggunakan proporsional random sampling. Data dianalisis dengan SmartPLS 3.3. hasil penelitian menunjukkan bahwa, kepemimpinan visioner berpengaruh terhadap kinerja guru, 2) MBS berpengaruh pada kinerja guru, 3) kepemimpinan visioner mempunyai efek terhadap kualitas PAUD, 4) MBS berpengaruh pada kualitas PAUD, 5) kinerja guru mempunyai efek pada kualitas PAUD, 6) Kinerja guru efektif dalam memediasi pengaruh tidak langsung kepemimpinan visioner terhadap kualitas PAUD, 7) kinerja guru berperan efektif dalam memediasi pengaruh tidak langsung MBS terhadap kualitas PAUD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...