Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 4

Penerapan Kombinasi Metode Computational Thinking dan Model Emergent Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa SMK

Muhammad Yahya (Universitas Negeri Makassar)
Dyah Vitalocca (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Abstrak. Perkembangan era socety 5.0 mendorong akselerasi implementasi pembelajaran abad 21 di satuan pendidikan dengan meningkatkan 4C yaitu Collaboration, Communication, Critical Thinking dan problem solving, serta Creative dan Innovative untuk bisa bertahan hidup sesuai dengan jamannya. Idealnya pembelajaran didesain supaya menghadirkan suasana yang nyata dan berulang sehingga hasil dari pembelajaran orang akan mampu menganalisis, mendefinisikan, membuat, dan mengevaluasi. Kenyataannya berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. Penerapan metode computational thinking dikombinasikan dengan model emergent learning menjadi solusi yang menarik untuk dilaksanakan penelitian terhadap peserta didik dalam meningkatkan aspek problem solving. Objek penelitian sebanyak 73 Siswa SMK di Sulawesi Selatan yang melaksanakan magang industri. Metode penelitian adalah eksperimen dengan treatmet desain pembelajaran berbasis project selama 1 bulan dengan menerapkan metode computational thinking dikombinasikan dengan model emergent learning. Pengumpulan data melalui observasi langsung dan penilaian berbasis projek/produk terkait indokator Problem Solving. Pengolahan dan analisis data melalui uji normalitas data, uji korelasinal, dan uji-t serta koefisien determinasi. Hasil pengolahan data dan analisis data menunjukan bahwa data berdistribusi normal sehingga bisa dilanjutkan dengan melaksanakan uji korelasi dimana semua variabel berkorelasi secara signifikan. Hasil uji-t menunjukan bahwa variabel computional thinking (X1) dan emergent learning (X2) berpengaruh postif terhadap problem solving (Y), Pengaruh sebesar 97,5%.   Kata Kunci: Computional Thinking, Emergent Learning, dan Problem Solving

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...