Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 3

Pengaruh Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Makassar

Muhammad Nauval Pattiroi (Universitas Negeri Makassar)
Massikki Massikki (Universitas Negeri Makassar)
Yasdin Yasdin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Abstrak. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Massikki dan Yasdin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa kelas X TKJ yang diajar melalui penggunaan metode pembelajaran konvesional dibandingan metode project based learning dalam pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar peserta didik dan mengetahui pengaruh metode project based learning dalam pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar peserta didik di kelas X TKJ SMK Negeri 2 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunkan quasi eksperimen dengan jumlah sampel 59 siswa kelas X TKJ SMK 2 Makassar. Teknik pengumpulan data ini menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) gambaran hasil belajar peserta didik yang diajar melalui pembelajaran konvensional pada kelas kontrol yang dimana pada pretest menunjukkan rata-rata (mean) hasil belajarnya yaitu 63.44, sedangkan pada posttest rata-rata (mean) hasil belajarnya yaitu 72.07, (2) gambaran hasil belajar peserta didik yang diajar melalui project based learning dalam PTM terbatas menunjukkan pada kelas eksperimen yang dimana pada pretest menunjukkan rata-rata (mean) hasil belajar yaitu 63.66, sedangkan pada posttest rata-rata (mean) hasil belajarnya yaitu 79.83, dan (3) ada pengaruh metode project based learning dalam pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar peserta didik kelas X TKJ SMK Negeri 2 Makassar yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi yang dihasilkan adalah 0,001. Nilai ini lebih kecil dari pada taraf α 5% dalam hal ini 0.001 < 0,05. Kata Kunci: Project Based Learning, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Hasil Belajar, Teknik Jaringan Dan Komputer.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...