Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 11

Pembelajaran Daring di TK/PAUD Selama Pandemi Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Usman Usman (Universitas Negeri Makassar)
Syamsul Bachri Thalib (Universitas Negeri Makassar)
Herlina Herlina (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2021

Abstract

Abstrak. Pembelajaran daring di TK/PAUD selama masa Pandemi Covid-19 memunculkan berbagai macam dampak, baik dari sistem pendidikan hingga perkembangan sosial-emosional siswa. Penelitian ini akan mengkaji beberapa hal penting selama masa pandemi Covid-19, diantaranya pengelolaan kegiatan pembelajaran oleh guru TK/PAUD, pelaksanaan kegiatan pembelajaran oleh guru TK/PAUD, manajemen evaluasi pembelajaran, hambatan-hambatan yang dialami guru TK/PAUD dalam pengelolaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran, usaha-usaha yang dilakukan guru TK/PAUD dalam mengatasi permasalahan pembelajaran dan gambaran dampak pembelajaran daring terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 74 orang guru TK/PAUD yang dipilih secara porpusive sampling. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa dalam pengelolaan pembelajaran, guru melakukan beberapa hal, seperti pengelolaan tugas, kunjungan rumah, meeting online, mengefektifkan komunikasi, meeting offline, belajar dengan lingkungan, memotivasi, dilakukan sebisanya, dan lain sebagainya yang telah dibahas di bagian pembahasan. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan grup WhatsApp, belajar dari rumah, tatap muka terbatas, melakukan visualisasi pembelajaran, memberikan lembar kerja dan buku paket serta menggunakan Zoom. Untuk mengevaluasi pembelajaran siswa TK/PAUD, guru menilai dengan melihat tugas siswa, perkembangan anak, dokumentasi, laporan orangtua dan apa adanya. Adapun hambatan-hambatan yang ditemukan oleh guru terdiri atas hambatan secara internal dan eksternal. Usaha-usaha yang dilakukan guru terhadap hambatan tersebut adalah kunjungan rumah, memaksimalkan komunikasi, perhatian lebih, belajar langsung bersyarat, menyederhanakan pembelajaran, memberikan buku ajar, variasi media, mengefektifkan evaluasi, menanamkan pola pikir baru, meningkatkan religiusitas, memberi bantuan dan mendesain suasana belajar yang nyaman. Terakhir, terkait gambaran perkembangan sosial-emosional siswa tergolah baik Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Sosial-Emosional, Covid-19, Anak Usia Dini

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...