Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 11

Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Terapan Berbasis Proyek dengan Sistem Hybrid

Fatimah Hidayahni Amin (Universitas Negeri Makassar)
Riny Jefri (Universitas Negeri Makassar)
Seni Luhriyani (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Abstrak. Studi ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan sistem hybrid pada pembelajaran English for Tourism dan persepsi mahasiswa terhadap penerapan metode pembelajaran tersebut. Subjek penelitian adalah mahasiswa-mahasiswa Angkatan 2020/2021 pada Prodi Bahasa Inggris D-IV yang dipilih secara purposif. Pengambilan data hasil observasi dan pertanyaan wawancara dan analisis melalui proses klasifikasi, interpretasi, dan kesimpulan dilakukan untuk penerapan metode pembelajaran. Sedangkan data persepsi mahasiswa dianalisis melalui angket Skala Likert. Temuan pertama menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan sistem hybrid pada pembelajaran English for Tourism berjalan dengan baik dan lancar. Sembilan aspek yang menjadi indikator penerapan adalah (1) pelaksanaan pembelajaran berjalan baik, (2) kendala pembelajaran pada jaringan Internet dan organisasi kelas, (3) kemudahan akses, (4) pemanfaatan fitur-fitur Syamok yang mendukung, (5) pertemuan kelas yang alternatif, (6) interaksi kelas yang memilih antara kelompok dan individu, (7) penugasan yang mendukung pemahaman, (8) kegiatan pembelajaran yang terarah, dan (9) penjelasan materi yang mudah dipahami. Temuan kedua menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa adalah Sangat Positif dengan nilai rata-rata 43.05. Hasil ini didukung oleh respon mahasiswa yang mengalami kemudahan dalam pelaksanaan proses pembelajaran, situasi pembelajaran yang menyenangkan, penugasan yang dapat mengarahkan ke peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan sikap, dan pilihan pembelajaran pada dua situasi daring dan luring. Sehingga penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan sistem hybrid pada pembelajaran English for Tourism masih membutuhkan organisasi kelas yang lebih baik. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Sistem Hybrid

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...