Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) gambaran peran guru dan orang tua murid, dan (2) faktor pendukung dan penghambat peran guru dan orang tua murid dalam pembelajaran daring di masa pandemic covid-19 di SD Sudirman I Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif, disertai analisis keabsahan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan Hasil penelitian menunjukkan guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran khususnya pada masa pandemi covid-19. Guru tetap menjalankan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan formal. Tugas guru dapat terlaksana atas dukungan keaktifan peserta didik dan media pembelajaran yang variatif. Namun demikian, pelaksanaan pembelajaran daring memiliki tantangan/kendala seperti: sumber daya manusia, sarana-prasarana, dan teknis implementasi. Sedangkan peran orang tua murid sangat di perlukan untuk proses pemebalajaran anak selama study from home untuk membimbing, memfasilitasi, memotivasi dan mendampingi anak dalam belajar dan memberikan edukasi untuk melihat langsung perkembangan kemampuan anaknya dalam belajar serta meningkatnya kelekatan hubungan orang tua dengan anaknya. Namun faktor penghambat adalah jaringan yang terkadang terganggu, tugas yang berlebihan dan tidak dimengerti orang tua, dan terlalu lama anak tidak kesekolah sehingga menimbulakan kejenuhan anak belajar di rumah. Kata Kunci: Peran Guru, Orang Tua, Pembelajaran Daring
Copyrights © 2021