Abstrak. Penelitian ini menelaah tentang pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) terhadap hasil belajar siswa tentang siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup di kelas V. Rumusan Masalah yang dikaji yaitu                                                                           apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) terhadap hasil belajar siswa tentang siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelansungan makhluk hidup kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dalam meningkatkan hasil  belajar siswa tentang siklus air  dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup kelas V. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dalam bentuk tes dan dokumentasi. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diajarkan  menggunakan Model Resource Based Learning (RBL) meningkat atau terdapat pengaruh antara Model Resource Based Learning (RBL) dengan hasil belajar siswa dimana rata-rata nilai Pretest  yaitu 44,97 dan nilai Posttest menjadi 76,24 dengan demikian hasil belajar siswa meningkat sebesar 31,27.  Kata Kunci : Resource Based Learning (RBL), Hasil Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022