Abstrak. Mencitrakan kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan dengan menawarkan identitas khas merupakan bagian dari prosedur manajerial yang memberikan kesempatan bagi kabupaten/kota untuk menampilkan kekhasan, memberikan nilai tambah, dan menjadi pembeda dengan kota-kota lainnya sebagai kompetitor. Pencitraan sebuah kota merupakan kegiatan untuk memperkenalkan kota kepada dunia (City Branding) tentunya memiliki strategi dalam membangun citra kota tersebut. tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi persepsi visual simbol-simbol bentuk etnis di Sulawesi Selatan yang memiliki potensi sebagai acuan/rujukan untuk digunakan sebagai materi-materi city branding yang berkesesuai dengan simbol visual etnik di Sulawesi Selatan. Sehingga dapat berkontribusi memaksimalkan tujuan city branding, yakni peningkatan ekonomi tidak saja pada sektor wisata namun membuka potensi dan peluang sektor lainnya.Kata Kunci: Persepsi Visual, Simbolisme Visual, Etnik Bugis-Makassar, City Branding, Simbol Visual, Etnik, Sulawesi Selatan
Copyrights © 2021