Abstrak. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan dan melihat kevalidan dan kepraktisan dari bahan ajar e-modul Biologi. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar e-modul Biologi yang valid dan praktis. Subjek penelitian adalah peserta didik dari kelas XII MIA SMAN 6 Makassar. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, instrumen dan angket respon. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dibuat berdasarkan kebutuhan penelitian, yaitu kevalidan dan kepraktisan. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis statistik deskriptif. Metode analisis ini adalah menganalisis data hasil penelitian dengan cara menggambarkan hasilnya dalam jumlah persen. Dengan analisis data ini akan diperoleh seberapa besar persentase kepraktisan e-modul Biologi. E-modul dikembangkan dengan mengacu pada pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1) analyze, 2) design, 3) develope, 4) implement dan 5) evaluate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar modul elektronik (e-modul) dinyatakan valid oleh validator ahli yaitu 1 (sangat valid) menggunakan validitas Gregory. Uji kepraktisan bahan ajar berdasarkan respon guru yaitu 92,87% dan respon siswa 90,9%, hal ini menunjukkan bahwa e-modul bersifat praktis dengan memberikan respon positif. Ini menunjukkan bahwa bahan ajar e-modul yang dikembangkan layak digunakan untuk menunjang pembelajaran mandiri.Kata Kunci: E-Modul, Bahan Ajar, Pembelajaran BiologiĀ
Copyrights © 2021