Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis level kognitif siswa berdasarkan Taksonomi Bloom yang memiliki gaya belajar visual, audiotori, dan kinestetik pada kelas VIII SMP Negeri 4 Pallangga Kabupaten Gowa, tahun 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 4 Pallangga Kabupaten Gowa dengan 3 orang subjek, yaitu 1 orang siswa dengan gaya belajar visual, 1 orang siswa dengan gaya belajar audiotori, dan 1 orang siswa dengan gaya belajar kinestetik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dibantu dengan angket/kuesioner gaya belajar, dan tes soal essay serta wawancara yang didesain berdasarkan level kognitif berdasarkan indikator Taksonomi Bloom. Tahapan analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data skala gaya belajar dan alalisis data level kognitif siswa materi ajar SPLDV dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan gaya belajar visual memenuhi indikator C1-C4 karena mampu mengingat, memahami, mengamplikasikan, dan menganalisis; (2) Siswa dengan gaya belajar audiotori memenuhi indikator C1-C4 karena mampu mengingat, memahami, dan mengamplikasikan, dan menganalisis; serta (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik memenuhi indikator C1-C4 karena mampu mengingat, memahami, mengaplikasikan, dan menganalisis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, audiotori, dan kinestetik High Order Thinking Skill pada level kognitif berdasarkan Taksonomi Bloom. Kata Kunci: Taksonomi Bloom, Visual, Audiotori, Kinestetik, SPLDV
Copyrights © 2021